“Rumah”

Posted on Posted in Pustaka Nufus

Rumah, rumah apa sih ?

Rumah adalah bangunan untuk tempat tinggal / bangunan pada umumnya (seperti gedung) (KBBI)

Rumah itu suatu tempat dimana kita singgah. – Trio Andika

Rumah adalah tempat dimana sejauh apa kita pergi, ia adalah tempat kita kembali. – Afif al firdaus

Itu menurut dua rekan saya, ya itu pendapat mereka. Setiap orang punya pengalaman pribadi tentang rumah nya masing masing.

Menurutku rumah bukan hanya sebuah bangunan dalam arti fisik, akan tetapi rumah itu adalah spirit, rumah adalah tempat dimana kita bisa mendapat dukungan emosional dan mental. Bagaimana karakter kita itu dibentuk dari rumah (lingkungan). Sebagus apapun rumah seluas apapun rumah jika tidak bernuansa rumah, tetap saja itu bukan rumah.

Rumah itu menentukan bagaimana kita mendapat karakter kita, kita hidup dan mempunyai pandangan itu darimana kita dibersarkan di rumah yang seperti apa ?

Misalkan kita bertemu dengan orang yang disiplin dan selalu teratur, ya itu karena dia hidup di rumah yang selalu menerapkan disiplin dan teratur, begitu pula dengan orang yang selalu hidup acuh tak acuh dan berantaikan, ya mungkin dia sudah terbiasa hidup di  rumah yang selalu  acuh tak acuh dan berantakan.

Berlaku juga dengan anak, bagaimana anak dalam rumah itu selalu berbuat baik, tercermin dari dia melihat orang tuanya di rumah, selalu berbuat baik dan mengajarkan yanga baik baik pula.

Rumah adalah lingkungan terkecil dalam sebuah pendidikan anak, yang di bimbing oleh orang tuanya. Seperti apa karekter orang tua itulah yang akan di turunkan ke anaknya. Bagaikan buah jatuh tak jauh dari pohonnya.

Gaston Bachelar, filsuf asal prancis dalam bukunya berjudul the poetics of space (1958) mengatakan bahwa rumah menampung dan melindungi mimpi mimpi para penghuninya. Rumah sebagai tempat bermimpi tidak hanya menampung ingatan masa lalu tapi juga impian sepanjang waktu.

Rumah bisa merumahkan tubuh tubuh anak, akan tetapi tidak dengan jiwa jiwa mereka (anak). Jiwa jiwa mereka (anak) itu tinggal di rumah nya masing masing di hari esok.

Rumah, semakin ditinggalkan semakin menjadi rumah. Rumah adalah tempat dimana ada seseorang yang menyambutmu pulang.

Purwokerto, 31 Oktober 2017

Sebelum Pulang Nufus M. Zaki

 

 

 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

One thought on ““Rumah”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *