Kemana Ilmu Akan Membawamu ???

Posted on Posted in Pustaka Nufus

Setiap insan manusia memang di ciptakan dengan bakat dan kemampuan masing masing. Akan tetapi kesemuanya itu tergantung pada manusianya, apakah ia akan mengembangkannya atau membiarkannya begitu saja. Orang yang beruntung adalah ia yang mempunyai keingin tahuan besar, sehingga memotivasi dirinya untuk terus belajar serta menuntut ilmu. Mereka mampu mencerna ilmu dengan cepat serta bisa membagi ilmunya tersebut.

Tetapi perlu kita ketahui, bahwa ilmu bisa saja membawa kita semakin dekat dengan Alloh SWT namun juga bisa juga malah menjadikan kita dimurkai olehNya. Maka cobalah bertanya kemana ilmu itu membawamu ? apalah semakin mendekatkan kepada Alloh atau kebalikannya ?

Kemanakah ilmu yang kita dapat akan membawa kita ? Gelar tinggi , menjadi pintar, cerdik, jenius atau apalah namanya itu boleh boleh saja. Namun bukan berarti kita lebih baik dari orang lain. Karena sebenarnya ilmu pengetahuan itu sagatlah luas, selain itu ilmu bukan lah yang di hafal, akan tetapi ilmu itu yang memeberikan manfaat, – Imam Syafi’i

Maka seharusnya semakin tinggi gelar kita semakin merasa bodoh seharusnya kita, kenapa demiakian ? Karena yang namanya manusia seperti kita ini memang tidak tahu menahu soal apa-apa.

Ketika berada di dalam majelis ilmu lalu pulang membawa apa yang dipelajari, apa yang pertama kita raskan ketika bertemu dengan meraka yang tidak tahu ? Apakah kita merasa “Ana khairu minhu (aku lebih baik darinya)” . Jika iya, maka seketika itu kita telah menjadi sombong. Perkataan itulah yang dikatakan iblis ketika diminta untuk memberi hormat kepada Nabi Adam a.s, Iblis merasa lebih sempurna sehingga berucap demikian.

Namun jika ketika ilmu sudah ada dalam diri lalu lebih merasa rendah dan mendekatkan pada Alloh SWT. Maka itulah ilmu yang sebenar-benar ilmu. Karena bersifat sombong hanya akan menghancurkan kita sendiri, istilah sebenarnya adalah boomerang bagi kita. Maka kembalilah kita melakukan muhasabah diri agar mejadi insan terbaik, atau berusaha jadi baik. Taladanilah ilmu padi yang semakin menunduk semakin berisi.

Sekian dulu pembahasan sederhananya, semoga bermanfaat…

 

Purwokerto , 20 Oktober 2017 Setelah Sholat jumat, ketika dapat ilmu dari khutbah jumat barusan.

Nufus M. Zaki

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *