Karena Wanita Suka Diperjuangkan

Posted on Posted in KOTAK KATA

KARENA WANITA SUKA DIPERJUANGKAN. (FOR AKHWAT YANG MENANTI ATAU AKAN DILAMAR)

Gambar adalah ilustrasi dari penulis

Beberapa hari yang lalu adik ku curhat tentang masalahnya kepadaku. Ia bertanya bagaimana cara menentukan lelaki yang tepat untuk diterima lamarannya. Karena dia tak ingin salah pilih suami.

Dan kemudian ada seorang teman juga bertanya. Manakah yang lebih baik dalam pernikahan. Suami yang lebih paham agama atau istri lebih paham agama.

Dari dua masalah yang diajukan ini ana membuat tulisan seperti judul diatas. 2 pertanyaan ini berhubungan dan harus disikapi dengan benar. Dan ana berbicara dalam tulisan ini berdasarkan apa yang ana alami. Jadi besar kemungkinan pengalaman ana nanti tidak akan sama dengan pengalaman anda.

Bagaimana menentukan Laki laki yang tepat…?

1. Pastikan yang baik agamanya.

Karena lelaki yang baik agamanya meliputi

#Aqidahnya
#Manhajnya
#pemahammannya
#amalnya
#adab dan #Akhlaknya.

Dalam pernikahan lelaki adalah seorang imam. Maka ia dituntut harus memahammi agamanya dengan sempurna. Karena ditangannyalah sebuah biduk rumah tangga berlayar. Apakah ia akan membawa rumah tangganya kejalan jalan Ridhotullah dan Sunah Rasulullah yang perhentiannya surga atau ia membinasakan keluarganya dalam jalan jalan kesenangan dunia yang pemberintian terakhirnya adalah Neraka Jahannam.

Lelaki dituntut memiliki Aqidah yang baik..

Ia harus tahu apa apa saja yang membatalkan ke islaman dan apa apa saja yang menyeret manusia pada kemusyrikan.

Karena Allah berfirman…

Allah Azza Wa Jalla berfirman:

يٰٓأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا قُوٓا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلٰٓئِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَّا يَعْصُونَ اللَّهَ مَآ أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ
“Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, dan keras, yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.”
(QS. At-Tahrim: Ayat 6)

Ayat ini bermakna umum. Diperintahkan kepada orang orang beriman dari kalangan laki laki dan perempuan. Namun lebih ditekankan kepada laki laki. Karena dalam rumah tangga laki laki adalah imam dan dimintai pertanggung jawabannya.

ٌ عَنْ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ
سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ كُلُّكُمْ رَاعٍ وَمَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ وَالْإِمَامُ رَاعٍ وَمَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ وَالرَّجُلُ رَاعٍ فِي أَهْلِهِ وَمَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ وَالْمَرْأَةُ فِي بَيْتِ زَوْجِهَا رَاعِيَةٌ وَمَسْئُولَةٌ عَنْ رَعِيَّتِهَا وَالْخَادِمُ فِي مَالِ سَيِّدِهِ رَاعٍ وَمَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ قَالَ وَحَسِبْتُ أَنْ قَدْ قَالَ وَالرَّجُلُ رَاعٍ فِي مَالِ أَبِيهِ

dari Ibnu ‘Umar radliallahu ‘anhuma berkata; Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Setiap kalian adalah pemimpin dan akan diminta pertanggung jawaban atas yang dipimpinnya. Imam (kepala negara) adalah pemimpin yang akan diminta pertanggung jawaban atas rakyatnya. Seorang suami dalam keluarganya adalah pemimpin dan akan diminta pertanggung jawaban atas keluarganya. Seorang istri adalah pemimpin di dalam urusan rumah tangga suaminya dan akan diminta pertanggung jawaban atas urusan rumah tangga tersebut. Seorang pembantu dalam urusan harta tuannya adalah pemimpin dan akan diminta pertanggung jawaban atas urusan tanggung jawabnya tersebut”. Dia (Ibnu ‘Umar radliallahu ‘anhuma) berkata: “Aku menduga Beliau juga bersabda: “Dan seorang anak laki-laki adalah pemimpin dalam urusan harta bapaknya”.

(HR Bukhari No 2546).

Maka pada rumah tangga orang yang pertama kali dituntut atas tanggung jawabnya adalah seorang suami.

Maka pada point ini..

Ana katakan..
Cari lah laki laki yang baik agamanya. Lelaki yang baik agamanya. Pasti paham makna tanggung jawab dan perintah Allah untuk menjaga keluarganya dari api neraka.

Dan lelaki yang paham dan bagus amalnya serta lurus aqidahnya akan memperlakukan istri dan anaknya dengan baik. Kepada Istri ia lembut dan baik. Kepada Anak ia lengasih dan penyayang.

Sebagaimana sabda Rasulullah..

SEBAIK BAIK LAKI LAKI ADALAH YANG PALING KEPADA ISTRINYA..

(HR MUSLIM dan ABU DAWUD)

2. Bagaimana cara mengetahui laki laki itu baik agamanya..?

Maka masalah ini kembali pada cara wanita mengenal lelaki yang hendak menikahinya. Saran ana

1. Jangan silau dengan materi
2. Jangan silau dengan ketampanan wajah.
3. Jangan silau dengan alasan kuliah di UIN, Al Azhar dan universitas agama islam lainnya.

Pastikan..
1. Bagaimana ia bersikap dengan ibunya. Jika ia lembut dan sopan maka insya Allah ia akan lembut kepada mu

2. Bagaimana pergaulannya. Lihat siapa temannya. Jika ia berteman dengan orang yang jarang sholat, gak pernah hadir di majelis ilmu, gak bisa baca quran dan suka dugem atau ningkrong nongkrong dijalan. Maka pasti ia juga seperti itu

3. Lihat apa pekerjaannya. Bukan materialistis. Yang dinilai disini apakah pekerjaannya halal atau haram. Berkutat dalam riba atau tidak. Karena penting bagi seorang suami memberikan nafkah halal untuk istri dan anaknya.

Setetes saja darah mu dialiri makanan haram. Harta yang haram maka tertolaklah doamu kepada Allah.

4. Minta ia menjauhi selama belum ada ikatan halal

Lelaki yang baik agamanya akan menyanggupi permintaan ini dan bersabar menunggu sampai benar benar halal. Tidak ada komunikasi lebay ayang ayangan.

5. Pertanyaan pamungkas. Tanyakan padanya

Aina Allah..?

Jika ia berhasil menjawab dengan benar apa lagi disertai dalil. Selamat dia laki laki yang insya Allah baik untuk mu.

Mengapa harus ditanyakan Aina Allah..?
Ketika ia ditanya Aina Allah. Dan ia menjawab Allah diatas langit beristiwa diatas arasy. Maka. Engkau boleh tanyakan lagi..

“Maka engkau percaya Allah maha melihat dan mengetahui serta mendengar apa yang kita lakukan di muka bumi ini kan…?”

Jika ia menjawab “iya”.

Maka jika ia bekerja dari tempat haram seperti diskotik, atau tempat riba seperti bank atau memiliki tabungan bank ribawi.

Maka mintalah ia untuk meninggalkan itu semua. Katakan padanya Allah melihat semua kemungkaran ditempat kerjanya.

Jelaskan bahwasanya bekerja ditempat haram maka hasil gajinya juga haram. Karena bekerja disana sama saja mendukung kemaksiatan. Termasuk dibank mendukung riba.

Katakan..
Aku tak mau dinafkahi dengan harta haram.

Kemudian jika ia belum memahammi agamanya.

Maka minta ia untuk mengaji belajar ilmu agama. Meliputi aqidah, manhaj, fiqih serta adab Beri tenggat waktu kira kira setahun atau 6 bulan.

Katakan..
Aku ingin dibimbing kesurga oleh laki laki yang benar iman dan taqwanya.

Jika ia menyanggupi maka mintalah selama masa ia belajar ilmu agama dan sampai waktunya halal untuk menjauhi mu. Dan berkomunikasi seperlunya. Jangan sering datang kerumah.

Jika ia menyanggupi maka tunggu sampai waktu yang ditentukan…

1. Jika ia mau meninggalkan pekerjaan haramnya. setelah ia tahu Allah maha melihat dan mendengar perbuatan semua manusia sedangkan Allah beristiwa diatas arasy. Maka ia memiliki iman. Dan tidak takut kehilangan rezeki karena ia yakin dengan tauhid bahwasanya Allah akan memudahkan rezekinya.

2. Jika ia menyanggupi belajar agama maka ketahuilah tandanya ia sadar dan ingin menjadi suami yang baik untuk mu. Dan ia akan berusaha sebaik baiknya mencari ilmu agama agar bisa membimbing mu ke syurga Allah. Ia akan menjagamu dari memakan harta yang haram dan ia juga menjagamu dari kesyirikan yang membatalkan syahadat.

3. Dan jika ia mau memenuhi syarat terakhir menjauhimu maka ia benar benar peduli dengan izzah dan iffah mu. Menjaga kehormatan mu dan tidak mengotori hati mu dari cinta yang belum halal.

HIKMAHNYA

Mengapa ana menyarankan memberi syarat demikian. Inti dari itu semua adalah PERJUANGAN. Engkau bisa menilai seorang laki laki dari sikapnya menghadapi syarat syarat tersebut. Jika ia benar menginginkan mu. Menjadi imam mu. Dan membawa mu kesyurga Allah. Maka ia akan menempuh semuanya dan memperjuangkan mu. Mencintaimu dijalan Taqwa karena Allahu ta’ala.

Dan ketahuilah segala sesuatu yang didapat melalui perjuangan berat biasanya akan sangat dijaga dan dihargai. Maka jika ada laki laki yang mau memperjuangkan mu. Maka ia akan mati matian berusaha menjaga mu dan membahagiakan mu. Karena engkau berharga Ukhti Shalihah.

Dan pengalaman ana sendiri ana sudah melakukan semua itu.

1. Ana meninggalkan pekerjaan ana yang bergaji lumayan namun nelalaikan ana dari Allah. Dan Allah beri pekerjaan yang alhamdulillah mencukupi dan Ana tak lalai dari Allah.

2. Ana giat belajar ilmu agama dengan niat agar ana bisa mendidik anak dan istri dengan baik dan benar. Alhamdulillah ana dipermudah Allah memahammi agama ini.

3. Ketika ana mengajak istri ana Eka Meylani Wardoyo menikah. Ia meminta ana menjauhi ana dan berkomunikasi terbatas.

4. Ana menempuh jarak dari medan ke banjarnegara . dari ujung sumatra ketengah pulau jawa untuk melamarnya serta menikah denganya.

Dan Alhamdulillah
Allah permudah semuanya..
Cuma dengan modal 2 juta. 1.5 juta untuk syukuran sama Biaya KUA. Dan mahar cuma 500 ribu.

Tak perlu pesta mewah..
Tak perlu ribet dengan adat…
Cukup menikah sesuai Al Quran dan sunnah.
Tanpa musik..

Alhamdulillah kini ana sudah punya anak usia 4 bulan.

Dan tulisan ini berawal dari perkataan adik ana.

“Awak ingin diperjuangkan juga oleh laki laki bang, kayag bang mati matian memperjuangkan kak eka. Wanita suka diperjuangkan, karena ia merasa dihargai sepenuhnya”.

Maka tulisan ini adalah bagaimana caranya memberi sejumlah syarat dan menilai seseorang lelaki yang datang melamar. Agar engkau tahu apakah ia benar benar memperjuangkan mu apa tidak.

Dan terakhir…
Sebelum menikah.

1. Jangan pacaran
2. Jangan pergi beduaan
3. Tidak perlu foto foto preweeding
4. Jika si laki laki setuju semua syarat mu maka desak dan pastikan ia menghubungi ayahmu SECEPATNYA!!

Dari ku untuk mu..
Ukhti Shalihah..

Written By.

Abu Khadijah Al Maydani.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

5 thoughts on “Karena Wanita Suka Diperjuangkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *